Posted by : Unknown Monday 6 February 2017

"Jepang... Jepang... Ingin Ku Kesana... Jepang... Jepang... Pergi Menyusulnya~"

           Sebuah penggalan lagu dari salah satu Band terkenal di Indonesia yang sedikit ku ubah liriknya di atas, sedikit banyak mewakili rasa kagumku, rasa inginku, dan semua rasaku tentangmu Negeri Sakura Jepang.

sumber : topsy.one

      Jepang suatu hari nanti saat aku pergi meninggalkan negeri tercintaku Indonesia, aku ingin Jepang menjadi negara pertama tempat kakiku berpijak. Ya, sudah lama sekali aku bermimpi untuk bisa pergi ke Negeri Sakura Jepang bahkan sampai sekarang. Pasti banyak hal yang dipertanyakan, Kenapa ingin sekali pergi ke Jepang? Memangnya apa bagusnya Jepang? Masih banyak negara yang lebih bagus dari pada Jepang

Tetapi, semua pertanyaan itu tidak menggoyahkan keinginanku untuk bisa menginjakkan kakiku di Negeri Sakura Jepang. Karena aku tahu, suatu hari nanti aku bisa kesana.

        Sedikit bercerita, aku mengenal jepang bukan baru-baru ini. Sekarang aku berumur 21 tahun, sejak TK aku sudah mengenal lagu-lagu jepang sehingga bisa diketahui sekitar 17 tahun lebih aku mengenal Jepang. Dahulu pada zaman saya duduk di bangku Taman Kanak-kanak beberapa stasiun televisi di Indonesia sangat sering memutarkan film-film dan anime-anime Jepang di Indonesia, alhasil saya yang saat itu masih kecil sangat tertarik dengan kartun jepang atau anime yang hampir setiap hari ditayangkan di televisi saat pagi hari dan siang hari. Anime-Anime seperti : Makibao, Hachi, Sailor Moon, Crush Gear, Let's and Go, Yu Yu Hakusho, Tokyo Mew Mew, Yaiba, Digimon, Pokemon, Dragon Ball, Detective Conan, Gundam, Inuyasha, Beyblade, B-daman, Megaman, One Piece, Kekkaishi selalu menemani keceriaan di setiap hariku. Sampai suatu ketika saat aku sedang bermain ke rumah kakak sepupuku yang lebih dahulu menyukai Jepang. Aku melihat suatu video yang aneh karena aku tak bisa membaca tulisannya. Aku membuka video tersebut, dan terlihatlah sosok wanita bergitar yang sangat cantik sedang bernyanyi dengan bahasa yang tak ku mengerti namun suaranya bagus. Mungkin jika aku mendengarkannya sekarang aku sudah tahu bahwa itu adalah klip video dari YUI - I Remember You. Semenjak saat itulah aku mulai tertarik dengan Jepang, karena video yang ada di laptop kakak sepupuku itu. Aku pun jadi rajin meminta video-video berbau jepang, download Anime, download lagu-lagu jepang, dan melakukan semua hal yang berbau jepang.

     Kemudian aku menjadi lebih tertarik pada Jepang dari SMP, kenapa? karena aku sudah mulai menemukan teman-teman yang juga menyukai Jepang bahkan lebih dariku. Selain itu mereka juga sering menggunakan beberapa Bahasa Jepang, mengobrolkan hal-hal yang berbau budaya Jepang, bahkan pernah menggunakan baju khas jepang di SMP. Karena banyak bergaul dengan mereka, aku semakin terpicu dan semakin tertarik khususnya dengan budaya Jepang, karena orang-orang Jepang sangat bangga dengan budayanya dan sering melestarikan budayanya seperti : Menggunakan Yukata, Kimono, Merayakan Festival, Memakan makanan tradisional, dan banyak hal lainnya. Tetapi Jepang juga memiliki salah satu budaya kekinian yang membuat aku tertarik saat itu, yaitu : CosPlay (Costume Player). Aku pertama kali mengenal Cosplay karena seorang teman yang mengajakku ke suatu event Jepang, dan ternyata banyak sekali hal-hal yang menarik disana. Aku pertama kali melihat orang-orang Indonesia yang menggunakan kostum layaknya karakter Anime, Tokusatsu, bahkan Artis-artis Jepang, selain itu aku melihat orang-orang menggunakan pakaian khas Jepang yaitu Yukata dan terlihat anggun sekali. Kemudian aku mulai mengenal makanan khas Jepang, seperti : Takoyaki, Okonomiyaki, Ramen, Anpan, Dorayaki, Kakigori, Popcicle, dll.
sumber : facebook.com

         Kecintaanku terhadap Jepang semakin menjadi-jadi ketika aku sedang dalam Masa Orientasi Sekolah di SMK dan acaranya saat itu adalah Demo Ekstrakurikuler. Terdengar MC mengatakan Kata "Ohayou Gozaimasu" dan menggunakan bahasa jepang lainnnya, dan dimulailah tampilan Demo Ekstrakurikuler dengan cerita yang unik dan menyisipkan campuran Budaya Jepang dan Budaya Indonesia. Akhirnya aku pun memutuskan untuk mengikuti Ekstrakurikuler tersebut, Ekstrakurikuler Nihongo Kurabu atau Klub Bahasa Jepang. Di Nihongo Kurabu ini saya banyak mendapatkan pengalaman yang luar biasa, seakan-akan memasuki surga yang berisi hal-hal tentang Jepang. Saya belajar kebiasaan orang Jepang, belajar cara membuat kaligrafi Jepang ( Shoudo ), Belajar Huruf Jepang ( Hiragana, Katakana, dan Kanji ), Belajar Budaya Jepang, dan akhirnya bisa nonton Anime, dan Drama tanpa Subtitle walau harus kerja ekstra keras. Tapi, itu sudah membuatku senang sekali.

         Saat itu, motivasiku untuk pergi ke Jepang dimulai dengan cerita dari kakak kelasku yang mengatakan "Kalau kalian ikut Nihongo Kurabu, kalian bisa pergi Ke Jepang.. Karena Kakak kelas kita dari awal NK terbentuk sudah banyak yang ke Jepang". Mendengar kata-kata itu aku pun semakin bersemangat mengikuti Nihongo Kurabu, sampai akhirnya aku terpilih menjadi Delegasi Kota Cimahi untuk mengikuti Lomba Kompetensi Siswa Bahasa Jepang Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2013 dan berkat Tuhan Yang Maha Esa bisa mendapatkan hasil Juara 1. Saya sangat senang, karena selangkah lagi di tingkat nasional saya bisa pergi ke Jepang. Karena Kakak kelas saya yang sebelumnya juara 1 atau 2 nasional mendapatkan hadiah Wisata dan Study Tour ke Jepang.

HIS Amazing Sakura - Blogger Competition

What do you want from me?

Federal Oil 2x Lebih Dingin Blog Competition

Federal Oil Spesial Blog Contest

Total Pageviews

Popular Post

- Copyright © S.M.I.L.E -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by KS -