Posted by : Unknown Monday 14 August 2017

Hi guys~ Lama tak jumpa bersama saya Kurniawan di xvongola.blogspot.com~ haha
Biasa so soan come back dari vakum blogging layaknya artis korea yang lama wamil terus balik lagi, padahal lagi males aja alias bingung mau ngomongin apaan hehe


Untuk apa yang akan kita bahas kali ini tentang salah satu pengalaman saya nih teman-teman, pasalnya sekarng saya memang sedang melaksanakan Kerja Praktek di salah satu Perusahaan Telekomunikasi yaitu PT. Immobi Solusi Prima, Perusahaan tersebut domisilinya di Jakarta jadi sekarang saya migrasi dulu dari kota Cimahi tercinta ke Ibu Kota. Sebenarnya apa yang saya bahas kali ini bukan salah satu hal yang sering saya lakukan di kantor, berhubung saya dapat bagian Drive Test Analyst. Sedangkan yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai Rigger. Namun hal ini menjadi cukup penting menurut saya, karena jika kalian sama-sama ingin menggeluti dunia Telekomunikasi khususnya di bagian Optim baik itu RNO atau RFO. Karena orang Optim akan melakukan analisa dan otomatis harus tau mengenai permasalahan fisik ataupu konfigurasi. Dari pada kebanyakan introduction jadi langsung aja ya kita akan jelaskan mengenai "Tilting Antena Sektoral". 

TILTING ANTENA SEKTORAL


Gambar 1 Antena Sektoral

Dari telko,id, "Tilting diartikan sebagai suatu pengaturan kemiringan antena yang berfungsi untuk menetapkan area yang akan menerima cakupan sinyal". Jadi intinya, tilting ini proses mengatur kemiringan antena entah itu naik atau turun sesuai dengan perhitungan dari bagian Optim. Tilting sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yaitu : Electrical Tilting, dan Mechanical Tilting. 2 hal ini seharusnya sudah berada di luar kepala bagi kalian orang-orang Telco, karena istilah ini pasti sangat familiar dalam dunia Telco khususnya Rigger, dan Optim.

Electrical Tilting & Mechanical Tilting

Gambar 2 Electrical & Mechanical Tilting

Electrical Tilting, adalah Mengubah coverage antena dengan cara mengubah fasa dari antena, sehingga terjadi perubahan pada pola radiasi ( beamwidth ) antena.
Mechanical Tilting, adalah Mengubah kemiringan antena dengan cara mengubahnya dari sisi fisik antena atau mengarahkan antena secara fisik. Mechanical Tilting dilakukan dengan menaikkan atau menurunkan bagian mekanik pada antena untuk menghindari adanya overshoot atau kelebihan coverage dari antena sektoral yang dikonfigurasi. 





What do you want from me?

Federal Oil 2x Lebih Dingin Blog Competition

Federal Oil Spesial Blog Contest

Total Pageviews

Popular Post

- Copyright © S.M.I.L.E -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by KS -