Posted by : Unknown Saturday 21 January 2017

sumber : chromozomes.com

   Digital Marketing, 2 kata yang akhir-akhir ini sedang marak di dunia bisnis dan penjualan-penjualan produk di Indonesia dan juga dunia kini bukan menjadi hal yang asing lagi. Digital Marketing menjadi sangat diminati oleh para toko-toko yang ingin memasarkan barangnya secara global tanpa harus mengeluarkan modal promosi dengan cara-cara konvensional seperti menyebarkan pamflet, memberikan promo dengan spanduk di depan toko, dan cara konvensional lainnya. Strategi pemasaran ini memang bisa dibilang tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya, sehingga tanpa berfikir panjang semua orang yang ingin memulai promosi bisnisnya akan memilih Digital Marketing.

Sebenarnya apa yang menjadi awal dari kemunculan Digital Marketing ini??

sumber : abah.co.id

   Mungkin semua orang sudah tahu akan hal ini, tapi mari kita lihat kembali bahwa Digital Marketing merupakan pemanfaatan positif dari maraknya penggunaan Media Sosial. Tanpa dipungkiri, di Indonesia pengguna Media Sosial, seperti : Facebook, Instagram, Twitter, Blog, Path, Aplikasi Messenger, Forum, dan media sosial lainnya mencapai 95% dari total pengguna internet yang berjumlah 67 Juta Orang menurut survey Kemkominfo. Oleh karena itu, pebisnis mulai memanfaatkan hal itu. Karena bukan hal yang mudah untuk memastikan 67 juta orang bisa melihat, lalu tertarik dengan produk-produk anda dan akhirnya membeli di toko anda. Ya... melalui Media Sosial lah awal Digital Marketing mulai Booming di kalangan para penjual produk barang dan jasa. Jika bukan melalui Media Sosial mengumpulkan 67 juta orang menjadi suatu hal yang mustahil. Oleh karena itu, bagi kita yang ingin berkecimpung di dunia bisnis apapun Digital Marketing adalah solusi paling tokcer untuk mengatasi permasalahan promosi produk anda. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi kan untuk tidak mencoba metode Digital Marketing ini. Yuk Dicoba!

Memulai Digital Marketing

  Baik, kali ini kita akan membahas proses paling sulit dalam melakukan segala sesuatu yaitu Memulai. Proses memulai sesuatu menjadi hal yang paling krusial dan harus dipertimbangkan dengan baik, jika kita ingin mendapatkan hasil yang memuaskan. Hal itu pun berlaku pada Digital Marketing ini, memang tidak mudah untuk memulai Digital Marketing apalagi bagi anda yang baru mencoba media sosial. Dibutuhkan proses yang cukup lama, tapi ya... nikmati saja prosesnya karena itu adalah seni dalam berbisnis. 

Pertama, Setelah anda tidak bingung lagi ataupun galau memilih usaha yang akan anda lakukan. Sekarang anda hanya perlu melakukan proses analisi pasar di media sosial atau bahasa kerennya adalah Social Media Analytics
sumber :www.business2community.com

Kita akan melakukan analisa, pada pasar di media sosial yang menjadi sasaran penjualan bisnis kita. Kita perlu menganalisa dari segi jenis kelamin, umur, hobi, komunitas-komunitas tertentu, dan hal lain yang menentukan sasaran dari bisnis yang akan kita lakukan. Banyak orang yg beranggapan untuk memilih media sosial yang sedang booming saja untuk dijadikan lapak penjualan kita, namun menurut saya jangan seperti itu. Promosikan saja di semua media sosial selagi ada, karena tidak ada ruginya kan kita membuka lapak di berbagai tempat dengan tujuan banyak pelanggan yang tertarik. So, jangan batasi lapak anda di media sosial tertentu saja.. kalau bisa lakukan pada seluruh Media Sosial.

Kedua, Lakukan beberapa teknik Digital Marketing. Bukan hanya olah raga, dalam Digital Marketing ada juga teknik-teknik yang bisa membuat pemasaran produk kita bisa lebih tokcer lagi dari sebelumnya. Berikut adalah teknik-teknik yang bisa dilakukan dalam proses Digital Marketing :
sumber : www.google.com (edited by me)

1. Objektif / Tujuan
Pada proses bisnis, khususnya proses pemasaran produk-produk tujuan (Goals) menjadi hal utama. Karena segala sesuatu dimulai dari tujuan betul? jadi, kita harus mempunyai tujuan dan objektif yang matang. Untuk mempermudah bisa dibuat 1 Target Besar kemudian buatlah objektif-objektif kecil untuk mencapai target tersebut. Contoh : Tujuan - Penjualan ke Seluruh Indonesia, Objektif - Penjualan Se Kota Bandung, Se- Jawa Barat, Se-Pulau Jawa.

2.Trik Pemasaran
Nah, Trik pemasaran ini adalah trik yang harus dilakukan dengan baik karena bisa jadi hampir 70% pemasukan bisa datang karena trik pemasaran ini. Setiap trik memiliki kekuatan – misalnya, akuisisi (mendapatkan pelanggan baru) mungkin terbaik didorong oleh iklan pencarian, Sementara email adalah salah satu alat yang paling efektif untuk menjual lebih banyak produk untuk pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu setelah menentukan objektif maka penyesuaian terhadap taktik didasari oleh tujuan yang ingin dicapai. Ada banyak contoh taktik yang bisa digunakan seperti SEM, SEO, Email Marketing, Ads.

3. Hashtag & Mention
Saya memisahkan konsep Hashtag dan Mention, karena teknik ini hanya digunakan pada beberapa media. Sebenarnya hampir di semua media sosial sekarang sudah bisa diaplikasikan, namun kurang efektif. Tapi ya karena seperti yang saya katakan bukalah lapak dimanapun jadi ya gunakan lah. Baik konsep ini pertama kali marak pada media sosial Twitter, namun setelah pengguna internet beralih ke Instagram hashtag lebih efektif digunakan pada media sosial tersebut. 
Hashtag dan Mention bsia menjadi salah satu pemasaran paling efektif di Digital Marketing, karena itu bisa mempermudah orang mencari produk kita. Salah satu contoh untuk promo, kita bisa membuka suatu sayembara atau promo dengan mengharuskan pelanggan menggunakan hashtag nama toko kita dan mengajak temannya dengan cara mention 5 orang. Nah, contoh itu adalah salah satu cara untuk mendatangkan banyak pengunjung ke toko kita. Jadi, dalam setiap penjualan anda di semua media sosial pastikan anda menggunakan hashtag.

Menurut saya, untuk memulai masuk ke dunia Digital Marketing itu sudah cukup sisanya mari kita lihat di sesi berikutnya.. jangan lelah membaca Blog ini. Sekarang, saya akan sedikit bercerita mengenai pengalaman bisnis saya dan penggunaan Digital Marketing.

Share Your Digital Marketing Stories

sumber : FB dan Instagram Salon@Home


Ya, saya sekarang akan sedikit bercerita mengenai usaha online yang saya geluti. Saya memiliki usaha di bidang kecantikan yaitu salon, memang banyak orang bertanya-tanya mengenai usaha ini karena tidak percaya. Ya maklum saya adalah mahasiswa Jurusan Teknik Telekomunikasi yang tidak ada hubungannya dengan salon. 
Baik, lanjut lagi ke usaha online saya  ini merupakan salon online yang beroperasi dari satu rumah ke rumah atau dari kosan ke kosan atau bisa dibilang sistem door to door.  Awal mula terinspirasi saya membuka usaha ini adalah berawal dari training gratis hirstylist di kota Bandung, dan curhatan teman-teman saya yang malas untuk pergi ke salon khususnya anak kosan. Maka terciptalah Salon@Home salon door to door yang menggunakan Digital Marketing untuk proses promosinya.

Strategi Bisnis yang saya lakukan dalam Digital Marketing adalah penggunaan Media Sosial dan Messenger. Sebenarnya memang lebih baik kita menggunakan semua media sosial untuk lapak promosi usaha kita, namun karena keterbatasan kemampuan saya hanya 2 media sosial dan 2 messenger saja yang menjadi fokus promosi saya. Saya menggunakan Media Sosial Facebook dan Instagram, serta Messenger BBM lalu LINE. Saya menggunakan 2 trik berbeda untuk promosi usaha saya.


Media Sosial, Pada media sosial saya fokus pada publikasi foto-foto hasil karya salon saya dan untuk testimoni pelanggan. Karena saya rasa dua media sosial yang saya gunakan ini adalah salah dua dari berbagai media sosial yang ada yang efektif untuk melakukan promosi melalui gambar. Nah, pada bagian inilah saya menggunakan promosi melalui # (hashtag).

Messenger, Pada bagian messenger saya menggunakan metode brute force menurut saya. Karena saya melakukan promosi secara personal ke teman-teman messenger dan grup grup yang saya ikuti. Cara ini adalah cara termudah menurut saya, karena kita hanya perlu add teman sebanyak-banyaknya lalu kita buat 1 paragraf teks promosi beserta gabar dan share ke teman-teman kita. Selain itu, kita bisa meminta orang yang telah kita berikan promo usaha ini untuk share ulang, jadi sistemnya seperti MLM makin banyak orang yang akan share informasi kita, semakin banyak pelanggan dan orang mengetahuinya. Inti dari metode ini adalah "Jangan pernah Capek".

Iya,"jangan pernah capek" karena saya banyak sekali menghadapi kendala dalam Digital Marketing, saya sering diberi harapan palsu oleh pelanggan, contoh : pelanggan berkata ingin potong rambut di salon saya, setelah dihubungi ia menghilang entah kemana, kemudian  saat saya menawarkan promo salon saya yang didapat adalah penolakan mentah. Selain itu, adanya pihak-pihak yang memanfaatkan usaha saya ini dan juga meniru cara usaha saya. Tapi tetap dengan usaha kita yang gigih serta doa semua itu bisa diatasi.

Tapi metode ini juga pasti mempunyai kekurangan, dan saya juga masih belajar-belajar mengenai Digital Marketing. Jangan lupa Follow instagram salon saya : @salon.home dan Fanspagenya : Salon Home di Facebook. Jika pembaca seklain juga ada yang tertarik untuk potong rambut untuk perempuan bisa kontak LINE: @kurnie21, BBM : .5378111A, atau No. HP : 083822264750.

Ok cukup untuk cerita usaha saya, sekarang saya ingin mengajak pembaca  masuk ke proses selanjutnya dari bisnis. Setelah kita memulai bisnis kita pasti diperjalanan kita akan merasakan banyak lika-liku indahnya berbisnis. Nah untuk kalian yang memiliki cukup uang dan ingin memiliki seseorang atau agensi yang membantu kalian dalam urusan pengembangan usaha melalui Digital Marketing. Solusinya adalah : abah.co.id

Solusi Digital Marketing

sumber : abah.co.id
abah.co.id merupakan salah satu solusi yang saya rekomendasikan bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis anda dengan Digital Marketing, Kenapa?? Karena abah.co.id merupakan solusi lengkap untuk Digital Marketing yang memberikan beberapa pelayanan seperti :
Kalau kalian tidak percaya silahkan kunjungi saja websitenya di : abah.co.id, pelajari dengan baik dan kalian pasti tertarik :)


So, Tidak ada alasan untuk bingung  berkecimpung di dunia Digital Marketing? Harus Dicoba!





What do you want from me?

Federal Oil 2x Lebih Dingin Blog Competition

Federal Oil Spesial Blog Contest

Total Pageviews

Popular Post

- Copyright © S.M.I.L.E -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by KS -